Pages

Sabtu, 24 September 2011

Gereja Basilik Lateran

Gereja Santo Yohanes Basilik Lateran ini merupakan pusat induk Gereja Katolik.


Gereja ini diberkati dengan suatu upacara agung dan meriah oleh Sri Paus Silvester I (314 - 335) pada tahun 324. Karena basilik ini merupakan gereja Katedral untuk Uskup Roma yang sekaligus menjabat sebagai paus, maka basilik itu pun disebut 'induk semua gereja', baik di Roma maupun di seluruh dunia. Karena itu juga basilik Lateran merupakan gereja paroki bagi seluruh umat Katolik sedunia. Basilik itu sekarang disebut Gereja Santo Yohanes Lateran.

Gereja pertama yang dibangun ialah Basilik Agung Penebus Mahakudus di Lateran. Letaknya di atas bukit Goelius dan tergabung dengan istana kekaisaran, Lateran.

Dalam konteks sejarah Gereja Kristen, Basilik ini merupakan basilik agung yang pertama, yang melambangkan kemerdekaan dan perdamaian di dalam Gereja setelah 3 abad lebih berada di dalam kancah penghambatan dan penganiayaan kaisar-kaisar Romawi yang kafir.

Nama resmi Gereja ini adalah Basilika Agung Penyelamat Mahakudus, Santo Yohanes Pembaptis dan Santo Yohanes Penginjil (nama ini ditambahkan kemudian saat pemberkatan setelah renovasi abad ke 10 dan ke 12). Gereja ini juga dikenal dengan nama Basilika San Giovanni.

Dikutip dari buku Orang-Orang Kudus Sepanjang Tahun oleh Mgr. Nicolaas Martinus Schneiders, CICM. Penerbit OBOR
Inspirasi Batin 2011