Pages

Senin, 05 Desember 2011

Hari Raya SP Maria Dikandung Tanpa Dosa

Inilah pesta yang indah untuk Bunda Maria, yaitu merayakan karunia Tuhan baginya, "Dikandung Tanpa Noda Dosa". Salah satu dogma --- ajaran resmi gereja yang dinyatakan secara meriah dengan kekuasaan Paus --- Gereja Katolik mengenai Bunda Maria adalah Dogma Dikandung Tanpa Dosa. Masih banyak orang Katolik yang belum paham benar mengenai dogma ini. Jika ada pertanyaan, "Apa itu Dikandung Tanpa Dosa?", dan menjawab, "Yaitu bahwa Yesus dikandung dalam rahim Santa Perawan Maria tanpa dosa, atau tanpa seorang bapa manusia." Jawaban demikian adalah salah, karena tentu saja Yesus dikandung tanpa dosa sebab Ia adalah Allah Manusia. Tetapi arti dogma yang sebenarnya adalah bahwa Bunda Maria dikandung dalam rahim ibunya, Santa Anna, tanpa dosa asal. Bunda Maria adalah satu-satunya manusia yang dianugerahi karunia ini. Bunda Maria memperoleh keistimewaan ini karena ia akan menjadi bejana yang kudus dimana Yesus, Putera Allah, akan masuk ke dunia melaluinya. Oleh karena itu, Bunda Maria sendiri harus dihindarkan dari dosa asal. Sejak dari awal mula kehadirannya, Bunda Maria senantiasa kudus dan suci serta penuh rahmat.

St. Maria dianugerahi karunia khusus ini karena dia akan menjadi Bunda Putera Allah, Yesus Kristus. Sulit kita bayangkan bahwa Bunda Penebus telah ternoda oleh dosa walaupun sedikit saja. Meskipun Yesus belum memenangkan penebusan bagi kita dengan wafat di salib, Maria dikaruniai rahmat dikandung tanpa dosa untuk mengantisipasi penebusan oleh Putera-Nya. Setiap kali kita mendaraskan "Salam Maria" kita mengulangi kata-kata Malaikat Gabriel yang menyatakan bahwa Maria bebas dari dosa dengan kata-kata: "Salam Maria, penuh rahmat. Tuhan sertamu" Bunda Maria telah dipenuhi rahmat sejak saat ia dikandung.

Meskipun kita semua dikandung dan dilahirkan dengan dosa asal, Tuhan telah mengaruniakan kepada kita rahmat Baptis, untuk menghapus dosa asal tersebut dan mengangkat kita menjadi anak-anak-Nya. Suatu rahmat yang mengagumkan dari Bapa kita yang Pengasih! Dengan rahmat Tuhan dan doa Bunda Maria, kita mau hidup bebas dari dosa dan penuh kasih kepada Tuhan dan sesama.

"O Bunda Maria, yang dikandung tanpa noda dosa, doakanlah kami yang berlindung padamu."



RUAH